Thursday, September 20, 2012

Penyakit Mata Retinoblastoma

Pengertian
Retinoblastoma adalah suatu neoplasma yang berasal dari neuroretina (sel kerucut sel batang) atau sel glia yang bersifat ganas. Merupakan tumor ganas intraokuler yang ditmukan pada anak-anak, terutama pada anak usia dibawah lima tahun.

Etiologi
Terjadi karena kehilangan kedua kromosom sel dominan protektif yang berada dalam pita kromosom 13q14. Bisa karena mutasi atau diturunkan. Penyebabnya adalah tidak terdapatnya gen penekan tumor, yang sifatnya diturunkan. Kanker dapat menyerang salah satu mata yang bersifat somatik maupun kedua mata yang merupakan kelainan yang diturunkan secara autosom dominan. Kanker bisa menyebar ke kantung mata dan ke otak melalui saraf penglihatan (Nervus Optikus).

Patofisiologi
Pertumbuhan tumor ini dapat menyebabkan metastasis dengan invasi tumor melalui : nervus optikus ke otak, sclera ke jaringan orbita dan sinus paranasal, dan metastasis jauh kesumsum tulang melalui pembuluh darah. Pada fundus terlihat adanya bercak kuning mengkilat, dan dapat menonjol. Dipermukaan terdapat neovaskularisasi dan perdarahan. Warna iris menjadi tidak normal.

Manifestasi Klinis
Gejala retinoblastoma dapat menyerupai penyakit lain dimata. Bila letak tumor di makula, gejala awal yang dapat timbul adalah strabismus. Masa tumor yang makin membesar akan memperlihatkan gejala leukokoria, tanda-tanda perasangan di vitreus yang menyerupai endoftalmitis. Bila sel-sel tumor terlepas dan masuk ke segmen anterior mata, akan menyebabkan glaukoma.

Diagnosis Banding
Fibroplasia retrolental, displasia retina, endoftalmitis nematoda, katarak, dan ablasi retina.

Penatalaksanaan
Pada penatalaksanaan tergantung pada klasifikasi tumor.

Untuk lebih lengkap silahkan download Askep retinoblsatoma

5 comments:

M. Habib said...

Artikel yang bagus sobat :-). Kita tunggu artikel selanjutnya. Blh berkunjung balik ke web kami, dengan begitu kita bisa menjalin persaudaraan antar sesama. Salam kenal.

Terima kasih ^_^

Unknown said...

trimakasih.. salam kenal kembali..

cika akantara said...

Baru mengunjungi situs ini . .
Baca"

Bnyak info yg bermanfaat bgt . .
makasih ya . . .

Uyik said...

artikelnya good sob, saya terbantu
thnk's

Ma said...

kalau boleh tau, sumbernya drmn ya? bisa cantumin daftar pustakanya mungkin?

Post a Comment

BERIKAN KOMENTAR

Baca Saya

Salam semangat pada semua teman-teman pembaca Blog Jurnal Kesehatan. Kami persembahkan artikel-artikel kesehatan, asuhan keperawatan, dan jurnal keperawatan untuk semua kepentingan anda silahkan download atau copy paste secara gratis

Jangan lupa tuliskan komentar nya ya...

Affiliate Program

Anda mahasiswa, pelajar, pegawai atau yang cuma suka Online di facebook dll.. Pengen punya penghasilan tambahan daftar aja disini

Followers

 

Tukar Link