Tuesday, January 10, 2012

Selulitis

DEFINISI
Selulitis adalah suatu penyakit infeksi atau peradangan didaerah jaringan bawah kulit  (Subkutis).
Jika penyakit ini tidak ditangani maka bakteri akan menyebar ke daerah tubuh lainnya, namun yang paling sering bakteri ini menyerang daerah wajah dan tungkai bagian bawah.

PENYEBAB
Selulitis ini disebabkan oleh bakteri S.Aureus atau paling sering terjadi adalah Streptococcus.

Dalam keadaan normal, kulit terdapat berbagai macam jenis bakteri. akan tetapi kulit yang utuh serta kebersihannya merupakan penghalang efektif, yang dapat mencegah proses atau masuk dan berkembangnya bakteri di dalam tubuh kita.

Jika kulit mengalami luka, maka bakteri dapat masuk dan berkembang biak didalam tubuh, yang dapat menyebabkan infeksi dan peradangan.


TANDA DAN GEJALA
Gejala awalnya berupa malaise, menggigil, dan demam yang mendadak sebelum terjadinya lesi, kemerahan di daerah wajah atau tungkai bawah. 
Penyakit Selulitis


Jika telah terjadi infeksi dapat ditemukan lepuhan kecil berisi cairan (vesikel) atau lepuhan besar berisi cairan (bula) akan terasa panas serta bengkak, dan tampak seperti kulit jeruk yang mengelupas (peau d'orange), lesi terasa nyeri jika terkena rabaan, pembengkakan kelenjar getah bening dan mungkin ada riwayat trauma atau penyakit kulit lain yang mendasari.  

DIAGNOSA
Pada pemeriksan fisik akan ditemukan daerah pembengkakan yang terlokalisir (edema), kadang ditemukan pembengkakan kelenjar getah bening.

Pada hasil pemeriksaan darah menunjukkan peningkatan jumlah sel darah putih dan adanya infeksi bakteri.
Bila perlu, bisa dilakukan pembiakan darah.


PENANGANAN
  • Umum : Istirahatkan ekstremitas yang terkena infeksi
  • Simptomatik : Kompres dengan larutan antiseptik, atau untuk membersihkan nekrotik, irigasi dengan saline steril. Berikan Analgetik bia perlu.
  • Kausatif : Untuk pemberian antibiotik sebaiknya konsultasi dengan dokter.

PENCEGAHAN
Untuk menghindari iritasi kulit pada saat bekerja atau berolah raga, gunakanlah pelindung yang tepat.

Jaga kesehatan dan kebersihan diri. 


Dengan tubuh yang sehat akan lebih mudah melawan bakteri sebelum mereka berkembang biak dan menyebabkan infeksi, sedangkan tubuh yang lemah memiliki pertahanan infeksi yang jelek. 


Mungkin itu saja yang dapat saya sajikan tentang penyakit selulitis, semoga bermanfaat..



2 comments:

and213 said...

nice articles :)

cika akantara said...

ngerii . .
TPi infonya bermanfaat bgt . . mksih ya . .

Post a Comment

BERIKAN KOMENTAR

Baca Saya

Salam semangat pada semua teman-teman pembaca Blog Jurnal Kesehatan. Kami persembahkan artikel-artikel kesehatan, asuhan keperawatan, dan jurnal keperawatan untuk semua kepentingan anda silahkan download atau copy paste secara gratis

Jangan lupa tuliskan komentar nya ya...

Affiliate Program

Anda mahasiswa, pelajar, pegawai atau yang cuma suka Online di facebook dll.. Pengen punya penghasilan tambahan daftar aja disini
Loading...

Followers

 

Body Mass Index Calculator

Tukar Link