Thursday, November 17, 2011

Hepatitis A

Penyakit Hepatitis A adalah golongan penyakit Hepatitis yang ringan dan jarang sekali menyebabkan kematian, Virus hepatitis A (VHA =Virus Hepatitis A) disebarkan oleh kotoran atau tinja penderita penyakit tersebut dan penularannya melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi, akan tetapi tidak ditularkan melalui hubungan sexsual.
Masa inkubasi penyakit hepatitis A adalah 2-6 Minggu sejak penularan, setelah masa ini berlalu, baru penderita menunjukan beberapa tanda dan gejala terserang penyakit hepatitis A.
Tanda dan Gejala
Pada anak kecil yang terkena hepatitis A seringkali tidak ditemukan tanda-tanda yang signifikan, demam, nafsu makan menurun, mual dan mutah ciri  khas terjadi penyakit kuning (pada kulit dan mata), warna air kencing berubah menjadi warna tua, dan tinja menjadi pucat.
Pada penyakit hepatitis A ini dibagi kedalam 3 Stadium 

  1. Prodromal (pendahuluan) dengan gejala seperti : letih, lesu, demam, nafsu makan menurun serta mual dan muntah.
  2. Ikterik Stadium stadium dengan gejala : kuning pada kulit dan mata, dan
  3. Konvalesensi yaitu stadium penyembuhan
Penanganan dan Pengobatan
Menjaga kebersihan diri, istirahat dengan cukup, kurangi aktivitas berlebihan kunjungi pelayanan kesehatan terdekat (Puskesmas/dokter) biasanya untuk menurunkan demam diberikan obat antipiretik seperti Paracetamol, untuk mual dan muntah diberikan antiemetik seperti Metoclopramide, multivitamin untuk meningkatkan dayatahan tubuh.

0 comments:

Post a Comment

BERIKAN KOMENTAR

Baca Saya

Salam semangat pada semua teman-teman pembaca Blog Jurnal Kesehatan. Kami persembahkan artikel-artikel kesehatan, asuhan keperawatan, dan jurnal keperawatan untuk semua kepentingan anda silahkan download atau copy paste secara gratis

Jangan lupa tuliskan komentar nya ya...

Affiliate Program

Anda mahasiswa, pelajar, pegawai atau yang cuma suka Online di facebook dll.. Pengen punya penghasilan tambahan daftar aja disini

Followers

 

Tukar Link