Monday, November 14, 2011

Folikulitis

Definisi
Radang folikel rambut, terutama disebabkan oleh S.aureus. Terdapat dua jenis yaitu folikulitis superfisialis yaitu bila lesi hanya sampai di epidermis dan folikulitis profunda bila lesi mencapai dermis.


Gambar. Folikulitis


Gejala
  1. Ruam ( Kemerahan pada daerah kulit)
  2. Pustula yang terletak di sekitar folikel rambut
  3. Gatal di kulit 
Tatalaksana
* Umum : Atasi faktor predisposisi
* Medik : Antibiotik, terutama topikal yang efektif terhadap stafilokokus misalnya gentamisin atau neomisin sulfat 3-4 kali sehari selama 7-10 hari. Antibiotik sistemik digunakan bila lesi berjumlah banyak dan pada pasien immunocompromissed, digunakan dari golongan aminopenisilin (Amoksisilin dengan dosis dewasa 3x500 mg, anak kurang dari 10 tahun 3x125-250 mg, diminum sesudah makan, atau ampisilin 4x500 mg, anak kurang dari 10 tahun dosisnya setengah dari dosis dewasa diminum 30 menit sebelum makan) atau eritromisin dengan dosis dewasa 4x500 mg, anak kurang dari 10 tahun setengah dari dosis dewasa, sesudah makan. selain itu anjurkan pasien untuk membersihkan lesi dengan sabun antiseptik (Betadine) 2 kali sehari. Untuk mempercepat drainase, kompres dengan air hangat atau popidon iodion 1 % diencerkan (1:10) 2 kali sehari selama 15 menit, setelah itu baru dioleskan antibiotik. Simtomatik, bila terasa sangat gatal dapat diberikan antihistamin sedatif secara oral atau topikal yaitu hidrokortison cream 1 % dioleskan tipis kepermukaan kulit yang gatal diatas antibiotik 2 kali sehari.
* Pencegahan : Untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada folikulitis superfisialis dan profunda tindakan yang perlu dilakkan adalah meminimalkan gesekan pakaian, dan menjaga kebersihan kulit.

1 comments:

Anonymous said...

makasi infonya.. sangat membantu,,, ^^
kunjungi blog saya juga ya.. ^^

Post a Comment

BERIKAN KOMENTAR

Baca Saya

Salam semangat pada semua teman-teman pembaca Blog Jurnal Kesehatan. Kami persembahkan artikel-artikel kesehatan, asuhan keperawatan, dan jurnal keperawatan untuk semua kepentingan anda silahkan download atau copy paste secara gratis

Jangan lupa tuliskan komentar nya ya...

Affiliate Program

Anda mahasiswa, pelajar, pegawai atau yang cuma suka Online di facebook dll.. Pengen punya penghasilan tambahan daftar aja disini

Followers

 

Tukar Link